Laman

Minggu, 10 Oktober 2010

8 Oktober 2010

Bismillahirrahmanirrahim. Basmallah pun terlantun dari mulut imam Jum’at hari ini, Pak Anwar. Aku pun segera mencoba untuk fokus mendengarkan bacaan imam, tapi tiba-tiba…bruukk. Kaki kiriku terpaksa bergeser karena ada dorongan dari orang di saf belakang. Siswa SMP 3, kelas 7. Beberapa orang di belakangku memang masih sibuk bercanda sejak khutbah tadi.


Ya, begitulah kondisi Sholat Jum’at di sini. Terkadang sangat riuh. Ketika pertama kali kembali ke sekolah ini, suasana Sholat Jum’atnya jauh lebih tidak terkendali karena anak-anak yang hampir 90% bercanda/ngobrol dan juga lantaran pengeras suaranya sudah tidak layak. Suara khotib kadang hanya sayup-sayup saja terdengar. Ketika pengeras suaranya di ganti, suasananya sedikit berubah. Sebenarnya, adik-adikku ini tetap banyak yang bercanda, tapi karena pengeras suaranya berfungsi dengan baik jadi suara mereka seperti hilang. Yaah, terkadang perlu di nasehati dulu sih sama Pak Anwar agar kondisinya lebih kondusif lagi.


Kalau kubandingkan dengan masa ku sekolah di sini dulu, sepertinya tidak sampai separah ini kondisi sholat Jum’atnya. Kalau analisa Caku, karena SMP 3 kehilangan sosok-sosok yang keras untuk urusan sholat, macam Pak Nata dan Alm. Pak Endang Kamal Haris. Beliau berdua sangat tegas untuk urusan sholat. Pak Nata biasanya akan keliling dulu, mencari anak-anak yang masih berkeliaran beberapa saat sebelum sholat Jum’at dan akan langsung digiring ke masjid. Pastinya diiringi dengan kemarahan walaupun kadang hanya lewat pandangan mata beliau. Beliau juga akan sangat marah kalau ada yang bercanda ketika sholat Jum’at. Alm. Pak Endang pun hampir sama, bahkan kalau pas sholat terdengar suara uang jatuh pun akan di marahi setelah sholat selesai. Sesuatu yang menurutku sangat aneh ketika itu.


Yaa, aku setuju sama pendapat Caku. Orang-orang seperti beliau berdua memainkan peran yang signifikan untuk hal ini. Semoga Allah membalas amal baik mereka. Sesungguhnya kemarahan mereka berdua sangat beralasan. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo....