Laman

Sabtu, 03 Januari 2009

Aksi solidaritas untuk palestina

Asing, asing, asing dan terasing. Huuuh..Itu kesan pertama kemarin waktu mau berangkat aksi solidaritas palestina bareng rombongan DPC Sukmajaya. Bayangan awal sih bakalan ketemu sama alumni-alumni SMA 1 depok atau minimal alumni SMP 3 deh, ternyata....



Aku udah tahu info tentang aksi hari Rabu dan itu datangnya dari Bogor karena di Depok masih belum dapet kelompok. Langsung kepikiran jalan sendiri aja, paling nanti ketemu orang di stasiun. Lagi pula aksinya kan ba’da Jum’atan pasti pada kumpul dulu di Istiqlal. Kan gampang jadinya. Eh ga disangka sekitar jam 9 (tanggal 2 kemarin) dapet sms tentang kelompok sementara, sebelum dicariin yang tetap. Ok deh. Habis itu langsung disusul info (ta’limat ini mah) tentang aksi dan di paling bawah di kasih tau kalau DPC Sukmajaya nyediain bus. Hmmm, sekalian pengen ketemu sama kawan-kawan baru di DPC Sukamjaya deh, kali aja ada yang kenal. Ternyata...hiks hiks setelah setengah jam baru deh ada yang ajak ngobrol plus ngasih atribut. Ohhh ternyata dia juga hampir senasib denganku, tapi dia udah ada temen.


Sebelum berangkat baru deh aku ketemu bang Hilal. Beliau nih alumni SMA 1 Depok, tapi ko Istri dan tentara kecilnya ngga keliatan ya? Denger-denger sih udah punya anak. Bang Hilal kayanya naek motor, ya sudah aku bareng sama temen yang ngasih atribut tadi (lupa namanya). Dia alumni SMA 3 Depok angkatan 2002, temennya cokim. Beda dengan rombongan dari Bogor, biasanya kalo dari sana naek busnya yang rada bagus dan dapet makan (minimal snack lah), nah kalo dari sini naeknya miniarta. Sempit, berdiri pula. Biasanya kalo dari Bogor ikhwannya ada yang dapet tempat duduk. Setelah sampai di Istiqlal baru deh ketemu sama temen lama, Rita. Alumni SMA 1 Depok, ternyata dia dari tadi duduk di depan ku sambil bawa anaknya. Suaminya yang mana ya? Ga tau ah, buru-buru turun lantaran udah mau Jum’atan.


Pas masuk Istiqlal ada sms dari Miftah. Lanskap IPB angkatan 40, dia ngga ada temennya. Ya udah nanti ketemuan aja di bawah bola besi tepat di tengah masjid, posisiku pas Jum’atan. Ternyata Miftah ada di barisan depan, wuiiih dateng jam berapa tuh anak. Aku kalau bareng Miftah ga pernah serius. Akhirnya batal sih ketemuan di bawah bola besi karena di tasku nih ada sendal orang dan dia udah mau turun kan ngga enak. Ntar dia malah nyariin lagi. Ya sudah kita ketemuan di jalan aja tah. Rombongan Depok pake pita kuning.


Tema khutbah Jum’at hari ini juga tentang perang di Palestina sana. Hebat, aku ngga ngantuk sedikit pun, hehehe. Sholat Jum’atnya dilengkapi sama Qunut nafillah terus dilanjut shalat ghaib. Kayanya banyak yang ga perhatiin instruksinya imam sebelum sholat Jum’at di mulai deh soalnya pas mau Qunut banyak ma’mum yang malah sujud, hehehe. Jadi inget waktu kecil. Pertama kali sholat shubuh di musholla aku juga langsung sujud karena belum tau tentang Qunut-Qunutan, hehe.


Rutenya kali ini adalah Istiqlal-HI-kantor PBB-Kedubes AS-istiqlal. Waktu jalan ke HI aku ketemu guru SMP 3, Pak Oktori. Awalnya aku lupa nama beliau, tapi tetap ku sapa (dengan salam dan jabatan tangan) dan langsung tanya “masih di SMP 3 pak?” so beliau langsung ngerti kalau aku mantan muridnya. Beliau pun langsung tanya balik “angkatan berapa?”. Hehehe, sempet lupa juga, angkatan berapa ya. Setelah hitung mundur dari SMA (SMA angkatan 2002, kurangi 3 tahun) akhirnya “angkatan 99 pak”. Beliau langsung sambung lagi “owh angkatannya Nuris?”. Hiks, Nuris? Lupa lagi, alhamdulillah mikirnya ga terlalu lama “iya pak seangkatan sama Nuris”. Hups..berlanjut obrolan lainnya sambil jalan menuju HI. Pak Oktori ini guru Matematika. Beliau pernah ngajar di kelasku, tapi sebagai guru pengganti aja (lupa kelas berapa). Ciri khas beliau kalau ngajar itu suka mengecoh muridnya. Terutama pas bacain soal bagian angka. Jadi begini misalnya beliau ngasih soal (di bacain dan muridnya di minta untuk menulis dulu soalnya kan) pas bagian angka biasanya bacanya dilama-lamain, misal 317 beliau akan baca “tiga”, berhenti agak lama, kita kan udah pada nulis angka 3. Baru di sambung “ratus”. Beliau berhenti lagi. Ini mungkin ga ngebuat anak-anak terlalu protes karena tinggal tambahin 2 nol aja kan. Masalah muncul setelah itu, lantaran beliau nyambung angkanya lagi jadi “tujuh belas”. Baru deh anak-anak teriak “yaahhh” karena harus ngapus/nip-ex. Tapi kalau udah terbiasa ga masalah, cuma kadang tetep aja terkecoh karena jedanya beliau jadi lebih lama. Hihi, aneh kan.


Pas rombongan Depok udah lewatin Sarinah tiba-tiba peserta lain udah balik arah. Ternyata acara di Bunderan HI udah kelar dan rombongan utama udah ke arah gedung PBB. Ya udah kita pada balik lagi. Jadi kurang teratur keliatannya. Ada yang lebih mengkhawatirkan, aku kehilangan rombongan DPC. Waduuuh, jadilah sepanjang jalan aku celingak-celinguk nyari pita kuning. Yang jadi masalah satu Depok pakai pita kuning dan rombongan Sukmajaya cuma alumni SMA 3 itu aja yang kuinget mukanya. Alamat pulang sendiri nih. Oia Miftah, baru kuinget anak itu juga sendirian. Target lain cari Miftah juga. Males pulang sendirian. Pita-pita kuning dan Miftah! Hehehe.


Setelah dari gedung PBB perjalanan di lanjut ke Kedubes AS. Di sini malah ketemu banyak temen Bogor. Anak Fapet 41 (lupa namanya). Aryo, perikanan 41. Dia nih satu profesi sama Usman, SR (Senior Residence). Penjaga Asrama (ngga elit banget deh penjaga, hehe). Ferdes, TIN41. Ferdes juga SR. Beberapa ikhwan lainnya aku lupa namanya, termasuk anak FBI itu. Hihi. Wah berarti rombongan Bogor deket-deket sini. Hups ternyata aku salah duga karena kata Aryo, dia berangkat sendiri. Hohoho.


Terus ketemu Arizia, Fahutan. Nah ini baru rombongan Bogor. Arizia bilang kalau Dia lagi ngawal akhwatnya, sedangkan ikhwannya udah jauh di depan. Hohoho, aku tinggalin aje deh Arizia, habis di belakang ternyata akhwat Bogor semua. Ada Ulfa pula, malu ah, udah ngga bertanggung jawab sama amanah sekolah. Hiks, maaf ya Fa. Sebetulnya memang jumlah akhwat lebih banyak dan sejak awal sering banget ada di tengah-tengah akhwat. Masih mending sih ketimbang ditengah-tengah mereka yang sudah berpasangan, hihihi (mupeng, mode on).


Akhirnya ngeliat pita-pita kuning, tapi akhwat dan satu masalah lagi apakah mereka dari DPC Sukmajaya? Istirahat aja deh, sambil makan buah. Dari rumah kurang persiapan, ga bawa air minum, ga bawa topi, apalagi makanan. Di sini malah ketemu Pak Sugiyono dan Pak Dahrul. Pak Sugi itu dosen TPG. Ada yang menarik tentang pak Sugi. Aku di ajar pak Sugi 2 (atau 3 kali). Pertama di semester 4, mata kuliah KBP (kepanjangannya apa ya?). Di kuliah ini pak Sugi sangat tidak menerima mahasiswa yang telat, langsung disuruh keluar. Di akhir smeeter ada kusioner tentang mata kulaih tersebut serta pesan dan kesan. Aku nulis kira-kira begini “pak, di antara orang-orang yang telat mungkin ada yang sangat ingin kuliah, makanya mereka tetap mencoba masuk........” Intinya itulah. Ternyata di semester berikutnya beliau membolehkan yang telat untuk masuk. Wooow, berubah banget! Lawakan pak Sugi yang masih kuinget “saya ngga pernah makan siang! saya makan nasi”, hehehe. Dulu pak Sugi pernah marah, lupa karena apa. Marahnya itu ngerembet ke yang lain. Salah satu yang kena rembetannya tuh Sarwo (anak bimbingnya beliau sendiri). Sarwo tuh di bilang “kamu nih dari tadi malah nyanyi, dzolim kamu”. Padahal menurt Sarwo dia dari tidur. Hehehe, itu jadi bahan buat ledekin Sarwo.


Nah kalau pak Dahrul ini Ketua Departemen TPG sekaligus dosen mata kuliah Biokimia Pangan (Biokim). Mata kuliah yang ku ambil sampai tiga kali dan tetep dapet D. Haduuuh, nyerah deh. Sampai-sampai beliau bilang “kok kamu lagi”. Hehehe. Hukum karl marx nih. Di kesempatan yang pertama (semester 3) pas mau ujian, malemnya aku masih di Puncak. Hahahaha. Hancur deh tuh.


Setelah ketemu beliau berdua, aku ketemu mas Fahri, FEM39. Beliau nih supervisornya PPSDMS. Suaranya pelan, suka melucu juga. Aku dapet istilah James Bond dari beliau. James Bond tuh artinya jaga mesjid dan kebon. Ada-ada aja deh.


Lanjut jalan lagi ke Kedubes AS. Miftah sms dia ada di patung burung Merak, halaah di mana itu? Lagi merhatiin pita-pita kuning bergerak, eh malah ketemu mas Ibot (TPG38) dan isteri, plus mas Acank (TPG38). Pengantin baru dan satu pengganggu, hihihi, jadi dua pengganggu deh sama aku. Hehehe. Aku udah sedikit frustasi nggak liat rombongan DPC Sukmajaya. Ya udahlah bareng mereka aja, ntar pulang sendiri naek kereta. Mudah-mudahan ketemu Miftah. Oia ketemu sama Ahmad juga, Fahutan 40. tentang Ahmad, dia nih yang dulu di suruh manjat tiang listrik waktu masang atributnya SAE, calon Bupati Bogor. Setelah selesai aku bareng Ahmad jalan ke Istiqlal (kepisah juga sama mas Ibot dan mas Acang) buat sholat Ashar. Ternyata eh ternyata, ketemu Miftah. Hehehe, emang jodoh ya tah. Okey ada temen pulang. Sampai rumah, rasanya capek banget, tapi begitu denger ada pimpinan Hamas yang tewas beserta 10 orang anaknya “ya Allah, pegorbanan dan semua lelah ini belum ada apa-apanya”.
Udah ah ceritanya.


Note.
4 halaman bow. Kenapa mau nulis panjang-panjang. Karena munashoroh selalu berkesan. Munashoroh pertama (yang kuikuti) itu pas Latsar Kepanduan. Malemnya ada ta’limat agar semua yang sedang Latsar ikut ke Jakarta. Wuiih, acara pun dipotong cuma sampe malam minggu aja. Aku ngerasa selamet banget, coz rencananya hari minggu tuh yang paling berat. Padahal sabtu sore udah hampir pingsan waktu lari ngelilingin hutan jati. Hihi, save by the ta’limat. Sekitar jam 2 pagi kita turun. Hampir 3 jam kita jalan (dipotong sholat malem dan shubuh), buat nyari kendaraan ke Dermaga (di sana udah disiapin bus). Terus munashoroh-munashoroh berikutnya pas banget lagi turun. Pas munashoroh pasti kan penuh dengan semangat, ya buat charge diri lah. Pun yang kemarin, ngaji kan lagi putus dan aku rada males ngurusin. Tapi tiba-tiba ada semangat lagi, makanya hari kamis itu coba telepon mas ihsan (tapi ngga ada yang ngangkat). Langsung malemnya kirim email ke yang lama, ngasih tau kabar. Sebetulnya pernah di kasih kontak DPC Sukmajaya, tapi lupa di save dan catatan panggilan HP banyak nomor yang ga jelas. Yang mana nomor DPC aku ngga tau deh. Alhamdulillah, beres semua.


Temen nulis:
Michael Jackson-Give Thanks to Allah
Brothers-Pohon Hijau
Brothers-Teman sejati
Brothers-Untukmu Teman
Brothers-Do’a Perpisahan
Izzis-Rabithah
Izzis-Negeri yang Terlupa
Izzis-Seruan
Ar Ruhul Jadid
Shoutul Harokah-Merah saga
Shoutul Harokah-Palestina Tercinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo....